Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya

Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya - Hallo sahabat Carahade.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Asam Urat, Artikel diet asam urat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya
link : Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya

Baca juga


Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya

Bagi siapa saja yang dinyatakan positif mengidap penyakit asam urat, maka sudah semestinya untuk segera menjalankan kontrol terhadap setiap asupan makanan yang akan dikonsumsi. Pengaturan pola makan yang tepat harus segera dilakukan sebagai upaya diet asam urat. Dan menjadi suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi bagi Anda yang sudah terdapat kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh Anda yaitu mengetahu penyebab dan pantangannya

Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat

Penyebab asam urat tinggi

Sebelum kita mengetahui cara diet dari makanan untuk menurunkan kadar asam urat, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab asam urat, berikut ulasannya:
  • Dalam banyak kasus, orang menderita kadar asam urat tinggi karena alasan genetika.
  • Diet yang tak sehat juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Asupan dari makanan tinggi purin, sirup jagung fruktosa tinggi, dan gula pasir dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.
  • Masalah ginjal, hal ini bisa berakibat berkurangnya ekskresi asam urat oleh ginjal.
  • Penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan kadar asam urat .
  • Beberapa obat, seperti diuretik thiazide, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dengan mengganggu kerja ginjal.
Agar kadar asam urat selalu terjaga dan tidak mengakibatkan Gout artritis, selain melakukan pengobatan, perubahan diet sederhana juga akan membantu untuk mengontrol kadar asam urat Anda. 

Diet asam urat tinggi adalah suatu kewajiban dan keharusan. Kalau tidak, maka bersiap-siaplah Anda untuk merasakan penderitaan yang sangat akibat serangan rasa nyeri di hampir seluruh atau sekujur tubuh. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan? Bahkan mungkin membayangkannya pun tidak mau.

Seperti yang kita ketahui bersama pada pembahasan sebelumnya, kadar asam normal untuk wanita 2,4 hingga 6 mg/dl, sementara bagi pria 3 hingga 7 mg/dl. Bagi Anda yang sudah mengidap penyakit asam urat, tentu kadarnya ada di atas itu. Agar kadar asam urat dapat kembali normal maka sangatlah disarankan bahkan di wajibkan untuk segera melakukan diet asam urat. 

Dalam melakukan diet untuk asam urat, maka setiap penderita penyakit asam urat musti tahu berbagai macam makanan pantangan untuk  dihindari. Terlebih untuk diet asam urat tinggi maka jangan sekali-kali "menyentuh" makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekali lagi, bagi penderita asam urat akut maupun kronis hendaknya segera melakukan diet asam urat untuk pembatasan makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Makanan yang dikonsumsi harus cukup kalori (sesuai dengan kebutuhan tubuh), tinggi karbohidrat, rendah lemak, tinggi cairan dan jauhkan sama sekali makanan yang mengandung alkohol.
Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat

Makanan tinggi serat

Menurut University of Maryland Medical Center, makan-makanan yang tinggi serat dapat membantu untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ini karena Serat dapat membantu menyerap asam urat dalam aliran darah, dan kemudian mengeluarkannya melalui ginjal. Ini bukan berarti harus makan banyak-banyak makanan berserat, posisinya hanya lebih baik mengganti makanan tidak sehat sebelumnya. Sayur dan buah umumnya tinggi serat.

Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun cold pressed untuk memasak, menggantikan mentega atau minyak nabati. Minyak yang telah mengalami panas atau pengolahan akan berubah menjadi tengik dengan cepat. Minyak yang tengik dapat menghancurkan vitamin E dalam tubuh, dimana yang diperlukan tubuh untuk mengontrol kadar asam urat.

Dosis sehat vitamin C

Untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, minum secara teratur 500 miligram vitamin C  akan menurunkan kadar asam urat dalam waktu satu atau dua bulan.

Makanan yang kaya antioksidan

Buah-buahan dan sayuran seperti paprika merah, tomat, blueberry, apel, dan brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin dan antioksidan. Antioksidan adalah vitamin yang yang akan mencegah molekul radikal bebas  menyerang organ dan jaringan sel, serta dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Pilih karbohidrat kompleks

Lebih banyak Makan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, daripada makan-makanan karbohidrat olahan seperti roti putih, kue dan permen. Karena makanan yang kaya karbohidrat kompleks akan membuat kenyang lebih lama, dan mencegah makan terlalu banyak guna menjaga berat badan yang sehat.

Buah ceri

Ceri mengandung senyawa kimia yang dapat membantu untuk menetralkan asam urat, yang memungkinkan tubuh untuk mengeluarkannya bersama limbah tubuh. Beberapa peneliti merekomendasikan untuk mengkonsumsi 30 sampai 40 ceri setiap empat jam selama serangan gout.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mentah bisa membantu meringankan kadar asam urat tinggi dengan mengubah nilai pH darah. Tapi cuka apel disini adalah yang masih mentah, belum disuling atau dipasteurisas dan bisa didapatkan di toko makanan kesehatan.

Minum Banyak Air Untuk Diet Asam Urat

Minum banyak air untuk membantu menyiram asam urat dari tubuh Anda.
Minum minimal 3 dan 1/2 liter air setiap hari. Air adalah media yang akan membantu ginjal untuk  mengeluarkan kotoran dari tubuh Anda.

Yang perlu dihindari atau dibatasi bagi penderita asam urat tinggi

  • Hindari makanan-makanan berikut, karena hanya akan memperburuk sakit asam urat Anda. Selain itu juga hanya akan memperlambat proses pemgobatan asam urat Anda.
  • Hindari kue, kue kering, kue dan makanan manis lain yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans.
  • Lemak jenuh, lemak trans, dan gula -Semua ini akan mempengaruhi tingkat trigliserida, yaitu sejenis lemak yang dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jika Anda menderita asam urat, jauhkan makanan atau camilan yang digoreng, dipanggang dan dioven.
  • Sirup jagung tinggi fruktosa-Ini adalah salah satu jenis pemanis yang umum dipakai dalam minuman ringan dan makanan olahan lainnya, yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dan asam urat.
  • Hindari diet protein tinggi dalam penurunan berat badan, yang dapat menyebabkan tubuh untuk menghasilkan asam urat terlalu banyak(hyperuricemia) .
  • Batasi makan daging, dan unggas – protein hewani yang tinggi purin, dan ini akan mengakibatkan semakin tingginya kadar asam urat dalam  darah.
  • Batasi makan jerohan, kacang tanah, tape, kacang belinjo, ikan teri, ikan sarden dan ikan makarel, karena makanan-makanan tersebut dikenal tinggi purin.
  • Alkohol akan mengganggu tubuh untuk mengeluarkan asam urat.  Jika Anda rentan dengan serangan asam urat, sebaiknya membatasi mengkonsumsi alkohol.
Anda bisa mengikuti aturan diet untuk asam urat seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.
  • Diet normal biasanya 600-1000 mg purin perhari. Sedangkan bagi penderita asam urat harus mengurangi kadar purin hingga kadar konsumsi sekitar 100 hingga 150 mg purin per hari
  • Dianjurkan mengkonsumsi sayuran yang tidak mengandung purin minimal 300 gr per hari kecuali asparagus, kacang polong, buncis, kembang kol, banyam dan jamur agar tetap dihindari.
  • Untuk meningkatkan atau memacu pembuangan asam urat melalui urine atau kencing, makan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi tidak kurang dari 100 gr per hari.
  • Hendaknya mengkonsumsi protein nabati (protein asal tanaman) dengan aturan maksimal 1gr/kg berat badan per hari atau kira-kira 50-70 gr/hr.
Baca juga: Kurang Dari 24 Jam Asam Urat Turun Dan 2 Hari Sembuh Obat Dengan Nanas

Banyak orang yang telah disibukan dengan pengobatan asam urat, padahal hal yang paling penting adalah pencegahannya, dan itu merupakan hal sangat sulit. Salah satu bentuk dari pencegahan tersebut adalah menjalankan diet makanan terbaik untuk menurunkan asam urat serta penyebab dan pantangannya yang sangat baik untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.


Demikianlah Artikel Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya

Sekianlah artikel Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya dengan alamat link https://www.carahade.com/2016/04/diet-makanan-terbaik-untuk-menurunkan.html
Advertisement
Diet Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Asam Urat Serta Penyebab dan Pantangannya