Akibat Buruk Karena Merokok

Akibat Buruk Karena Merokok - Hallo sahabat Carahade.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Akibat Buruk Karena Merokok, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Akibat Buruk Karena Merokok
link : Akibat Buruk Karena Merokok

Baca juga


Akibat Buruk Karena Merokok

Akibat Merokok | Urat-ku Kebanyakan dari kita bahkan semua orang pasti sudah tidak ada unsur aneh dengan peringatan “dilarang merokok!”. Kata-kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Sepertinya tidak mengherankan jika mengingat bahaya negatif yang ditimbulkan oleh akibat merokok pada tubuh kita.
Akibat Merokok | Cara Hade
 

Cara Hade - Salah satu faktor yang paling utama yang bisa kita dapat dari akibat merokok adalah menderita penyakit jantung. Hasil perkiraan dari pakar peneliti, 20%  dari jumlah kematian yang disebabkan dari menderita penyakit jantung yang terkait langsung dengan kebiasaan merokok. 

Timbullah pertanyaan yang mesti dijawab. Kenapa rokok begitu berbahaya? Apa saja efek negatif lainnya dari rokok? Dan saya akan memberikan infonya seakurat dan sekumplit mungkin. Silahkan kamu melanjutkan untuk membacanya!

Hal pertama yang harus diketahui yaitu melihat kandungan yang terdapat pada 1 (SATU) batang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terkandung di dalam rokok tersebut (WOW!). Ratusan di antaranya zat bersifat RACUN dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat KANKER. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok diantaranya:
  • Tar
Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paru-paru Anda.
  • Benzene
Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.
  • Gas oksidan
Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.
  • Karbon monoksida
Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Hal tersebut membuat Anda cepat lelah.

Selain bahan-bahan di atas, pastinya masih banyak kandungan beracun pada sebatang rokok seperti arsenic (digunakan dalam pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata kimia), dan cadmium (digunakan untuk membuat baterai).

Ketika kamu merokok, maka akibat jangka panjang/pendeknya akan dominan terkena serangan jantung. Perokok berisiko 2-4 (dua hingga empat) kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi jika kamu perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB.

Saat merokok, kamu akan turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk tubuh, khususnya jantung. Contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah. 

Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhadap organ tubuh yang lainnya. 

Akibat Merokok 

Berdasarkan penelitian banyak dampak kesehatanyang diakibatkan oleh rokok. berikut efek samping akibat merokok yang jarang dipublikasikan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Kerusakan Otak Akibat Merokok

Merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

Rambut Rontok Akibat Merokok

Rokok memperlemah sistem kekebalan, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti lupus erythematosus yang menyebabkan rambut rontok, sariawan mulut, dan erupsi cutan (bintik merah) diwajah, kulit kepala dan tangan.

Katarak Akibat Merokok

Merokok dipercaya dapat memperburuk kondisi mata. Katarak, yaitu memutihnya lensa mata yang menghalangi masuknya cahaya yang dapat menyebabkan kebuataan, 40% terjadi pada perokok. Rokok
dapat menyebabkan katarak dengan cara mengiritasi mata dengan terlepasnya zat-zat kimia di paru-paru yang oleh aliran darah dibawa sampai kemata.

Rusak Pendengaran Akibat Merokok

Karena temb@kau menyebabkan timbulnya endapan pada dindingpembuluh darah sehingga menghambat laju alirandarah ke dalam telinga bagian dalam. Perokokdapat kehilangan lebih awal daripada orang yang
tidak merokok atau lebih mudah kelihanganpendengaran karena infeksi pendengaran.

Bermasalahnya Mulut dan Tenggorokan Akibat Merokok

Bau mulut dan gigi bernoda merupakan efek yang akan timbul akibat merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun dapat timbul. Masalah serius yang akan hinggap pada mulut dan tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker pada lidah, tenggorokan, mulut, dan pita suara. Merokok dapat meningkatkan risiko kaker servik dan uterus. kanker ini bisa disebabkan oleh nikotin yang ada dalam darah. Mengapa? Karena asap rokok yang masuk ke dalam tubuh akan segera menyebar ke seluruh tubuh. Zat nikotin yang ada dalam asap rokok tersebut akan memicu pertumbuhan sel tidak normal yang kemudian menjadi biang munculnya sel kanker mulut rahim.

Karies Akibat Merokok

Rokok mempengaruhi keseimbangan kimiawi dalam mulut, membentuk plak yang berlebihan, membuat gigi menjadi kuning, dan terjadi karies.

Kanker Paru-paru Akibat Merokok

Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Emphysema Akibat Merokok

Emphysema yaitu pelebaran dan rusaknya kantung udara oada paru yang menurunkan kapasitas paru-paru untuk menghisap oksigen dan melepaskan CO2.

Asam Lambung Akibat Merokok

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan kamu. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung. Beberapa risiko penyakit yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung.

Tukak Lambung Akibat Merokok

Konsumsi temb@kau menurunkan resistensi terhadap bakteri yang menyebabkan tukak lambung, juga meminimalisasi kemampuan lambung untuk menetralkan asam lambung setelah makan sehingga akan menggerogoti dinding lambung. Tukak lambung pada perokok lebih sulit disembuhkan.

Tulang Rapuh (Osteoporosis) Akibat Merokok

Karbon monoksida, yaitu zat kimia beracun yang banyak terdapat pada gas buang mobil dan asap rokok lebih mudah terikat dalam darah dari oksigen, sehingga kemampuan udara untuk mengangkat oksigen turun 15% pada perokok. Racun pada rokok bisa merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Oleh sebab itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen.

Kulit Keriput Akibat Merokok

Perokok akan terlihat lebih tua ketimbang yang bukan perokok karena kurangnya asupan oksigen ke kulit. Penuaan dini akan dirasakan, seperti kemunculan kerutan di sekitar mata dan mulut. Racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit. Dan karena rusaknya protein yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit, terkikisnya vitamin A, dan terhambatnya aliran darah. Kulit perokok menjadi kering dan keriput terutama didaerah bibir dan mata.

Kanker Kulit Akibat Merokok

Merokok tidak menyebabkan melonoma, tetapi merokok dapat menyebabkan meningkatkan kemungkinan kematian akibat penyakit tersebut. Ditengarai bahwa perokok berisiko menderita cutaneus squamus cell kanker, sejenis kanker yang meninggalkan bercak pada kulit. Berkembangnya psosiasis/inflamasi noncotageous pada kulit yang menyisakan bercak merah berair dan gatal 2-3 kali lebih besar terjadi pada perokok.

Penyakit Beurger Akibat Merokok

Penyakit yang juga dikenal dengan throaboanginosis obliteran ini adalah terjadinya inflamasi pada arteri vena dan syaraf utama kaki yang mengakibatkan terhambatnya aliran darah dan bila dibiarkan tanpa perawatan akan mengarah kepada gangren (matinya sel tubuh) sehingga pasien perlu diamputasi.

Penyakit Jantung Akibat Merokok

Satu diantara 3 kematian di dunia diakibatkan penyakit kardiovaskuler. Pemakaian temb@kau adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit ini. Rokok menyebabkan denyut jantung lebih cepat, menaikkan risiko hipertensi dan penyumbatan arteri dan akhirnya menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Disklori Jari-jari Akibat Merokok

Tar yang terdapat pada asap rokok terakumulasi pada jari-jari dan kuku yang meninggalkan warna kuning dan kecoklatan.

Masalah Organ Reproduksi Akibat Merokok

Merokok bisa mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan Anda. Pada pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

Sakit Sendi Asam Urat Akibat Merokok

Penelitian dari Dr. Shreyase Amin melibatkan 159 pria yang menderita penyakit osteothirtis dengan tingkat penyakit berbeda – beda. 159 pria tersebut diwawancarai agar para peneliti tahu seberapa berat penyakit  seperti asam urat yang mereka derita dan seberapa nyeri sendi yang mereka rasakan.
Dengan nilai 0-100, 159 pria tersebut memberikan penilaian akan rasa sakit yang mereka rasakan. Nol berarti tidak sakit dan seratus berarti sangat paling sakit. Hasil penelitian tersebut:
  • Penderita nyeri sendi yang tidak merokok hanya memberi nilai hingga : 45
  • Penderita nyeri sendi yang merokok rata-rata memberikan nilai          : 60 
Selain penyakit pada fisik, perokok juga mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selama ini mungkin kamu mengira merokok bisa membuat lebih rileks. Kamu menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran kamu, tapi ternyata itu salah. 

Yang membuat perokok gelisah dan cemas adalah gejala putus obat terhadap nikotin. Dengan merokok, kecanduan terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok merasa seperti rokok tersebut menurunkan stres.

Memang tidak semua perokok akan meninggal karena penyakit jantung, kanker paru-paru, atau stroke, namun kebiasaan merokok bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup kamu sehari-hari. 

Efek rokok yang bisa kamu rasakan sehari-hari adalah batuk-batuk, sesak napas, lebih mudah lelah, lebih rentan terhadap infeksi, atau mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari.

Mungkin Anda sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh, namun kamu tetap tidak menghentikan kebiasaan mengisap rokok karena merasa saat ini kesehatan kamu masih baik-baik saja.

Perlu diingat, merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya kamu, orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun. Demikian info singkat dari saya tentang akibat merokok yang sangat membahayakan kesehatan. Semoga bermanfaat dan Salam Sehat!


Demikianlah Artikel Akibat Buruk Karena Merokok

Sekianlah artikel Akibat Buruk Karena Merokok kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Akibat Buruk Karena Merokok dengan alamat link https://www.carahade.com/2016/04/akibat-merokok-urat-ku.html
Advertisement
Akibat Buruk Karena Merokok