Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi

Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi - Hallo sahabat Carahade.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Asam Urat, Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi
link : Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi

Baca juga


Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi

Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat - Pantangan Asam Urat - Seolah ringan penyakit ini, dan memang tidak mematikan. Tapi sebagian dari kita pasti setidaknya merasa kesal dan jengkel ketika penyakit asam urat itu kambuh, sangat sakit sekali rasanya, berjam-jam kita meraung kesakitan, dan memang itulah resiko asam urat tinggi bagi penderita. Banyak dokter yang telah kita datangi seakan tanpa bekas dan cuma membuang tenaga dan harta saja.

Nah kali ini penulis ingin menyarankan agar kita tak melulu menyalahkan apa yang kita lakukan, atau lebih-lebih menyalahkan dokter ya. Sekarang kita tanyakan lagi pada diri kita sendiri! Seberapa besar keinginan kita untuk sembuh kembali? Seberapa penting hidup sehat itu? Seberapa sering kita mensyukuri nikmat Tuhan ketika kita sehat?

Ya, jawabannya pasti nihil dari apa yang harus dilakukan kan? Baik, tidak apalah itu masalah masa lalu, dari mulai sekarang, mari kita rubah pola hidup kita! ok? next.

Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi

Makanan Pantangan Sakit Asam Urat Tinggi Yang Harus Dijauhi

Tema kali ini penulis akan memaparkan apa yang harus dipantang oleh penderita asam urat agar tidak berkelanjutan dan tambah lebih parah, tapi sesuai dan semampuh penulis loh ya. Semoga bermanfaat!

Oleh karena penyebab penyakit asam urat ini banyak disebabkan dengan makanan yang mengandung purin berlebihan. Maka ada pengelompokan makanan dari mulai yang kandungan purinnya rendah, sampai yang tinggi tentunya, ini berdasarkan pada beberapa sumber yang penulis baca dari yang terpercaya.
  • Pantangan Penderita Asam Urat Kelompok Rendah 

Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran , buah-buahan. Jenis makanan ini masih bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat, bahkan sebagian sayuran dan buah-buahan ada yang biasa berguna untuk memulihkannya seperti jeruk lemon dan sejenisnya.
  • Pantangan Penderita Asam Urat Kelompok Sedang

Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk kelompok tinggi nanti dibawah, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
Nah, untuk Kelompok Sedang ini masih harus dibatasi (bisa memakan tapi jangan keseringan) terutama bagi mereka yang sudah timbul gejala peradangan di persendian. 
  • Pantangan Penderita Asam Urat Kelompok Tinggi

Inilah makanan pokok utama yang wajib dihindari baik oleh yang baru terkena gejala, lebih-lebih bagi yang telah parah. Sebagai penderita, seyogyanya untuk mempercepat pemulihan atau agar penyakit tidak datang kembali, terdapat berbagai makanan yang harus dijauhi. Pantangan asam urat ini harus benar-benar menjadi perhatian khusus bagi siapa pun yang sudah dijangkit penyakit asam urat.

Proses mengatasi atau mengobati penyakit asam urat akan menjadi sia-sia apabila larangan-larangan yang harus dihindari tidak dilaksanakan. Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) berikut adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

Berfokus pada diet memang harus secepat mungkin dipaksakan bila kadar asam urat bagi perempuan lebih dari 6 mg/dl & bagi pria sudah melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengkonsumsi bahan makanan kelompok tinggi dan membatasi diri untuk mengonsmsi bahan makanan kelompok sedang. 

Tujuan dari pengaturan diet rendah purin antara lain agar menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan cara meminimalisir sumbernya atau sebut saja 'bahan baku' asam urat, disamping itu diharapkan juga dapat memperlancar pengeluaran asam urat dari pembuangan, juga membatasi diri mengonsumsi hidangan berlemak tinggi seperi gorengan serta disarankan untuk banyak minum air putih. 

Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah, maka kami sarankan untuk berkonsultasi kepada rumah sakit terdekat.

Kadar Asam Urat Normal Menurut WHO

Ada baiknya bahkan kita sangat perlu mengetahui kadar asam urat yang sehat menurut para ahli dunia, mereka menegaskan spesifikasi setidaknya ada 3 golongan berikut ini :
  1. Pada laki-laki dew@sa kadar normal asam uratnya adalah sekitar 2 – 7,5 mg/dL, sementara itu pada wanita yang sudah dew@sa adalah 2 – 6,5 mg/dL.
  2. Pada laiki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam uratnya 2 – 8,5 mg/dL, pada wanita 2 – 8 mg/dL
  3. Anak-anak yang berusia 10 – 18 tahun kadar asam uratnya 3,6 – 5,5 mg/dL, sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL.
Secara umum, saya telah memberi sedikit penjelasan diatas tentang makanan yang dapat dikonsumsi. Berikut ini makanan yang bukan termasuk pantangan asam urat bahkan bebas dikonsumsi :
  • Sumber Protein: Telur, Susu rendah lemak Sayuran wortel, labu siam, terong, pare, oyong, ketimun, selada air, tomat, lobak serta berbagai jenis buah-buahan. 
  • Sumber karbohidrat: Nasi, Bubur, Bihun, Roti, Gandum, Makaroni, Pasta, Jagung, Kentang, Ubi, Talas, Singkong, Havermout.
Dianjurkankan dalam pengaturan pola makan bergizi yang seimbang untuk mengolah makanan dengan cara merebus, mengukus, mengungkep, menumis dan semisalnya. Perbanyak minum, 2-3 liter/hari. Kemudian, perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung air guna untuk memperlancar pengeluaran asam urat dan mencegah pengendapan dalam ginjal. Selain menghindari makanan pantangan penyakit asam urat seperti di atas, lakukan juga tips-tips dalam mengobati asam urat, tujuannya agar kita berhasil mengusir penyakit ini secara tuntas.

Tips Makanan Yang Baik Bagi Penderita Asam Urat


Tips Makanan Yang Baik Bagi Penderita Asam Urat
  1. Air Putih, sebaiknya setiap hari minumlah air putih sebanyak 2-3 liter, sangat berfungsi membuang asam urat yang berlebihan dan bermanfaat untuk membuang racun lainnya yang ada didalam tubuh.
  2. Buah Ceri, anti inflamasi dengan nama zat antosianin adalah kandungan yang terdapat dalam buah ini yang tentu akan membuat badan anda sehat karena bisa untuk mengurangi kandungan asam urat dalam tubuh dan juga cegah pengkristalan asam urat pada sendi. Caranya adalah dengan makan buah ceri ini sebanyak 200 gram setiap harinya agar didapatkan hasil yang baik dan bagus.
  3. Buah Apel, kandungan buah apel yang mempunyai asam maleat bisa untuk menetralkan kelebihan purin penyebab asam urat. Merutinkan konsumsi buah ini setiap harinya setelah atau sebelum anda makan (sebaiknya sebelum) merupakan cara tepat & nikmat untuk menahan peningkatan asam urat.
  4. Jeruk Nipis, asam sitrat yang berada pada jeruk nipis ini berguna untuk pelarut asam yang sangat baik dan sangat cepat dalam proses pelarutan tersebut dan tentunya menjadi obat alami. Silahkan menyiapkan waktu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dengan melazimkan meminum buah yang mudah didapatkan ini, syaratnya jangan dari hasil curian saja. hehe.
  5. Extract Biji Seledri, coba tanyakan kepada istri anda (jika sudah punya) apakah dia mengenali jenis tanaman ini? Ya, sangat mudah sekali bagi para kaum hawa untuk menemukan tanaman seledri ini (itu juga jika istri anda rajin masak). Nah ambil biji seledri secukupnya, cukup ditaburkan pada gelas yang sudah berisi air panas, tutup da diamkan sampai air mendingin, saringlah dan minum. Yang rutin yah! agar cepet turun kadar asam uratnya.
  6. Jus Wortel, Timun dan Bit, tiga jenis sayuran yang sangat dijumpai ini ternyata sangat baik untuk Anda sebagai penderita asam urat, caranya terserah Anda, bila enaknya dijus, silahkan! Atau makan mentah-mentah juga tidak jadi soal, yang penting jangan dicampur sama sabun saja, nanti bau & pahit. ya iya atuh. he
  7. Buah & Sayur Yang Mengandung Vitamin C Tinggi,  silahkan cari sendiri digoogle, saya cape ngetiknya, hehe.
  8. Ikan Salmon, Kentang, Jagung, Coklat Hitam, Brokoli, Black Pulm, Teh hitam, dan juga pisang merupakan sayuran yang akan protein dan karbohidrat sehingga mempunyai cukup syarat untuk membasmi penyakit asam urat yang anda derita.

Ah sudah dulu yah artikel Makanan Pantangan Asam Urat, kebanyakan, itu juga lebih dari cukup. Yang terpenting pola hidup sehat harus dijaga dan rajin olahraga. Sekian dan Terimakasih.Eh jangan lupa kritik & sarannya ya.


Demikianlah Artikel Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi

Sekianlah artikel Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi dengan alamat link https://www.carahade.com/2016/03/makanan-pantangan-sakit-asam-urat.html
Advertisement
Contoh Makanan Yang Harus Dijauhi / Pantangan Penyakit Asam Urat Tinggi